Event Pesona Budaya 2010 IT Telkom

Institut Teknologi Telkom Menuju Sertifikasi ISO 9001:2008

 Dalam upaya untuk terus memperbaiki mutu proses akademik, Institut Teknologi Telkom pada tahun 2010 ini akan mengajukan sertifikasi ISO 9001:2008. ISO (International Organization for Standardization) adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM).

ISO 9001:2008 menyediakan kerangka kerja bagi organisasi dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin organisasi untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2008 di IT Telkom telah dimulai sejak tahun 2009 dan tahun 2010 inilah saatnya IT Telkom mengajukan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk proses-proses akademik di Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Informatika yang didukung oleh Bagian Administrasi Akademik, Bagian Sistem Informasi, Bagian Perpustakaan, Bagian SDM, dan Bagian Logistik.

Pre-assesment proses Sertifikasi ISO 9001:2008 akan dilakukan oleh Bureau Veritas (BV) pada tanggal 15-16 November 2010 sedangkan assessment dilaksanakan pada 29 dan 30 November 2010.

Dukungan dari seluruh civitas akademika IT Telkom merupakan pemacu semangat untuk terus menerus melakukan improvement pada proses akademik maupun layanan akademik demi menuju visi IT Telkom menjadi Perguruan Tinggi Internasional yang Unggul di Bidang Infokom dan Agen Perubahan dalam Pembentukan Insan Cerdas dan Kompetitif, serta berperan dalam Pembentukan Masyarakat yang Sejahtera.

Empat Kategori Manusia, kamu termasuk kategori mana?

Selama saya bergaul dengan banyak orang ternyata dengan mudah bisa dikategorikan dalam empat kuadran kategori manusia. Di bawah ini adalah empat kuadran yang saya ketahui dari berbagai sumber yang telah saya baca dan saya dengar dari beberapa saksi hidup. 
Ada empat jenis manusia (from the wise words)
1. Orang yang tidak tahu, dan ia tidak tahu bahwa ia tidak tahu, ia adalah orang tolol. Jauhi dia.
2. Orang yang tidak tahu, dan ia tahu bahwa ia tidak tahu, ia adalah orang yang sadar.
Ajarilah dia.
3. Orang yang tahu, dan ia tidak tahu bahwa ia tahu, orang itu tidur. Bangun dia.
4. Orang yang tahu, dan tahu bahwa ia tahu, orang itu adalah bijaksana. Ikutilah dia

Kamu termasuk kategori manakah? Ayo lekas bertindak untuk mendapatkan kuadran no.4..
Semoga artikel ini memberikan anda inspirasi...

Jaringan Komputer itu Mudah: Asal Mula Internet


Halooo sobat blogger..
Kali ini saya bahas sejarah asal mula Internet nih..
So, tetep duduk manis di depan komputernya dan kirim komen setelah membaca artikel ini.
Met nyimak..
Internet berasal dari kata internetworking. Secara pengertian Internet merupakan kumpulan luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Ga kebayang kan berapa jumlah komputer yang terhubung ??
Sejarah dibangun Internet bermula dari sebuah kelompok riset kecil di bidang militer dan universitas yang secara fisik terpisah jarak dan waktu yang memerlukan pertukaran data riset secara tepat waktu. Internet sendiri termasuk jaringan komputer yang dibentuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 dengan nama proyek ARPA atau biasa disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Jadi ARPANET dapat dikatakan sebagai jaringan komputer pertama di dunia.
 ARPANET menghubungkan empat institusi yakni Stanford University, University of California Los Angeles (UCLA), University of California Santa Barbara (UCSB) dan University of Utah.



Gambar 1. Peta Universitas yang terlibat dalam pengembangan ARPANET


Pada perkembangan selanjutnya, ARPANET dibagi dua kepentingan yakni MILNET untuk kepentingan militer yang ditangani DoD (Department of Defense/Departemen Pertahanan Amerika Serikat) dan ARPANET untuk kepentingan sipil yang ditangani akademisi di sejumlah universitas. Gabungan MILNET dan ARPANET dikenal dengan sebutan DARPA Internet yang kemudian biasa disebut Internet.

Gambar 2. Arsitektur Internet melalui ARPANET



 Gambar 3. Lambang DoD (Department of Defense)

Tahun 1980, National Science Foundation membangun jaringan khusus yang menghubungkan lima pusat superkomputernya. Jaringan komputer ini (disebut NSFNET) akan menjadi cikal bakal berkembangnya Internet di Amerika Serikat. Jaringan NSFNET berperan sebagai penghubung antara institusi lokal dengan Internet. Para mahasiswa dan karyawan pada institusi tersebut menggunakan Internet untuk bertukar email dan berbagi informasi. Akhirnya setiap tahun, makin banyak Negara bagian di Amerika Serikat yang bergabung dengan Internet untuk saling berbagi informasi.

Gambar 4. Peta  NSFNET di Amerika Serikat

Perkembangan Internet semakin gencar dilakukan pada tahun 1990 yang biasa disebut aplikasi World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners-Lee. Dengan adanya aplikasi WWW pengguna dapat bertukar bermacam-macam aplikasi dan mampu menghubungkan setiap link materi-materi konten yang tersebar di Internet.


 Gambar 5. Sosok Tim Berners-Lee



Gambar 6. Diagram yang dibuat Berners-Lee untuk menggambarkan dari "hypertext".


Sudah jelas sekarang bahwa Internet tidak hanya kumpulan komputer dan kabel melainkan komunitas global dari orang-orang yang saling berbagi beragam informasi. Dengan Internet kita saat ini mampu berbagi pengalaman, ilmu, opini, membangun bisnis usaha dan mengumpulkan banyak teman di jaringan situs social semacam Facebook dan Twitter.  



Referensi : 
4.       Marietta Tretter. 1995. How to Use Internet,  Ziff Davis Press 
5.       Sofana, Iwan. 2010. CISCO CCNA & Jaringan Komputer. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.    

Jaringan Komputer itu Mudah: Perkenalan tentang Jaringan


Haii sobat blogger…
Kali ini saya akan membahas perkenalan Jaringan Komputer. Nantinya saya akan melakukan sesi pembahasan yang lebih mendalam tentang Internet. Pasti sobat semua sudah tahu penggunaan internet, nah tentu saja sobat mesti tahu mekanisme cara kerja Internet tuh seperti apa.. Karena itu, saya akan membagi informasi kepada sobat tentang semua hal Internet dengan bahasa yang mudah dipahami. Semoga bermanfaat..

Hal-hal yang perlu diketahui tentang jaringan komputer:
1.       Jaringan memungkinkan pemakai untuk memakai perangkat elektronik secara bersamaan. Misalnya, jika masing-masing komputer di kantor memiliki printer laser sendiri, tentu biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Bagi  pihak manajemen kantor tentu saja hal ini perlu dikritisi. Akan lebih bijak lagi apabila perangkat seperti printer tadi digunakan scara bersamaan menggunakan jaringan. Maka dari itu, setiap komputer yang berada dalam jaringan memiliki kabel yang tersambung dengan printer laser. Dalam hal ini, kabel, komputer dan printer laser akan membentuk suatu jaringan sederhana yang masing-masing komputer memiliki akses ke printer secara bersama.





2.       Pada sebuah jaringan lokal atau biasa disebut LAN (Lokal Area Network), setiap orang yang mengakses satu komputer bisa mengirim pesan ke satu atau lebih pengguna komputer lainnya dalam komputer yang sama. Selain itu, pengguna dapat juga menggunakan jaringan untuk memindakan file dari satu komputer ke komputer lainnya.  Artinya LAN bisa digunakan ketika jaringan tersebut berada dalam satu lokasi fisik baik satu gedung, satu lantai atau satu ruangan yang sama.



3.       Pada implementasi kesehariannya, jaringan lokal di suatu kantor yang besar memilik jumlah jaringan lokal lebih dari satu. Setiap jaringan lokal yang tersedia di kantor tersebut akan disambungkan dengan kabel sehingga komputer yang berada pada suatu jaringan lokal dapat bertukar informasi dengan komputer yang berada pada jaringan lainnya.




4.       Pada suatu perusahaan besar yang sudah berlevel nasional tentunya akan membuka cabang kantor di beberapa kota di setiap daerah. Masing-masing kantor biasanya juga memiliki beberapa jaringan lokal (LAN). Nah, untuk menghubungkan jaringan-jaringan lokal yang terpisah tersebut digunakan jaringan telepon berkecapatan tinggi maka terbentuklah jaringan luas yang biasa disebut WAN (Wide Area Network). Misalkan, kantor cabang di California mengakses informasi yang ada di Missouri dan Texas. Btw, sobat blogger  pernah berkunjung ketiga kota tersebut?? hehe...




5.       Bagi perusahaan yang berlevel internasional yang memiliki cabang-cabang kantor di beberapa Negara dapat membentuk jaringan diantara kantor-kantornya. Selain menggunakan saluran telpon, alternative lainnya menggunakan satelit yang memudahkan pada perusahaan tersebut untuk membentuk jaringan luas global (Global Wide Area Network). Misalkan kantor-kantor di Jakarta dan Tokyo dapat berbagi informasi seakan pengguna komputer di Jakarta berada di ruang yang sama dengan komputer-komputer di Jepang.




6.       Nah untuk Internet, dia sangat luas dibandingkan jaringan LAN atau WAN. Internet merupakan kumpulan dari jaringan global yang saling tersambung. Internet bias diakses oleh setiap orang yang memiliki komputer pribadi (desktop atau jenis laptop) dengan sebuah modem. Bahkan saat ini, Internet bisa diakses melalui perangkat mobile kita atau handphone kita tanpa perlu pusing-pusing lagi terhubung dengan kabel..^_^


Pada artikel Jaringan Komputer (JARKOM) selanjutnya akan dibahas asal mula internet 
don't miss it..
NB: Semua ilustrasi gambar didapat dari "om" google.. ^_^

Ciri-ciri orang yang mencintaimu

Met malam sobat,,kali ini saya sbg empunya blog ini, akan mengupas "Ciri-ciri orang yang mencintaimu". Topik ini saya angkat untuk menghibur saya dan kawan2 yang akan menemukan orang yg bener-bener mencintai kawan2.. selamat menyimak dari 22 point dibawah ini... 







1.Orang yang mencintai kamu tidak pernah 
bisa memberikan alasan kenapa ia mencintai kamu yang ia tahu di matanya hanya ada kamu Satu2 nya.

2.Kalau kamu sudah memiliki pacar atau kekasih ia tidak perduli, buat dia yang penting kamu bahagia dan kamu tetap impiannya.

3.Orang yang mencintai kamu selalu menerima kamu apa adanya, dimatanya kamu salalu yang 
tercantik walaupun mungkin kamu merasa berat badan kamu sudah berlebihan atau kamu merasa kegemukan :P.

4.Orang yang mencintai kamu selalu ingin tahu tentang apa saja yang kamu lalui sepanjang 
hari ini,ia ingin tahu kegiatan kamu.

5.Orang yang mencintai kamu akan 
mengirimkan sms seperti "slmt pagi", "slmt hari minggu", "selamat tidur" walaupun kamu tidak
membalas pesannya.

6.Kalau kamu berulang tahun dan kamu tidak
mengundangnya setidaknya ia akan menelpon 
utk mengucapkan selamat atau mengirim pesan.

7.Orang yang mencintai kamu akan selalu
mengingat setiap kejadian yang ia lalui bersama kamu, bahkan mungkin kejadian yang kamu sendiri sudah lupa setiap detailnya karena, saat itu adalah 
sesuatu yang berharga untuknya.

8.Orang yang mencintai kamu selalu mengingat
tiap kata2 yang kamu ucapkan bahkan mungkin 
kata2 yang kamu sendiri lupa pernah mengatakannya.

9.Orang yang mencintai kamu akan belajar
menyukai lagu-lagu kesukaanmu, bahkan mungkin 
meminjam CD/cassette kamu, karena ia ingin tahu
kesukaanmu, kesukaanmu kesukaannya juga.

10.Kalau terakhir kali kalian bertemu kamu sedang sakit mungkin flu, terkilir, atau sakit gigi, beberapa hari kamudian ia akan mengirim sms dan menanyakan keadaanmu.karena ia mengkhawatirkanmu.

11.Kalau kamu bilang akan menghadapi ujian ia akan menanyakan kapan ujian itu, dan saat harinya  tiba ia akan mengirimkan sms "good luck "untuk menyemangati kamu.

12.Orang yang mencintai kamu akan 
memberikan suatu barang miliknya yang mungkin buat kamu itu 
ialah sesuatu yang biasa , tetapi itu ialah suatu barang yang istimewa buat dia.

13.Orang yang mencintai kamu akan terdiam sesaat, saat sedang berbicara ditelpon dengan kamu, sehingga kamu menjadi bingung, saat itu dia merasa sangat gugup karena kamu telah mengguncang dunianya.


14.Orang yang mencintai kamu selalu ingin berada di dekatmu dan ingin menghabiskan hari2nya denganmu.

15.Jika suatu saat kamu harus pindah ke kota 
lain untuk waktu yang lain ia akan memberikan 
nasrhat supaya kamu waspada dengan lingkungan yang bisa membawa pengaruh buruk bagimu.

16.Orang yang mencintai kamu bertindak lebih
seperti saudara daripada seperti seorang kekasih.

17.Orang yang mencintai kamu sering 
melakukan hal-hal yang konyol seperti menelponmu 100 kali dalam sehari, atau membangunkanmu ditengah malam,karena ia mengirim sms atau menelponmu. karena ia saat itu ia sedang memikirkan kamu.

18.Orang yang mencintai kamu kadang
merindukanmu dan melakukan hal2 yg membuat
kamu jengkel atau gila, saat kamu bilang
tindakannya membuatmu terganggu ia akan 
minta maaf dan tak akan melakukannya lagi.


19.Jika kamu memintanya untuk mengajarimu
sesuatu maka ia akan mengajarimu dengan sabar 
walaupun kamu mungkin orang yang terbodoh di dunia!

20.Kalau kamu melihat handphone-nya maka
namamu akan menghiasi sebagian
besar "INBOX"nya.Ya ia masih menyimpan 
pesan dari kamu walaupun pesan itu sudah kamu kirim 
sejak berbulan2x bahkan bertahun2x yang lalu.

21.Dan jika kamu menghindarinya atau 
memberi reaksi penolakan, ia akan menyadarinya dan menghilang dari kehidupanmu, walaupun hal itu membunuh hatinya.

22.Jika suatu saat kamu merindukannya dan ingin memberinya kesempatan ia akan ada di sana
menunggumu karena ia tak pernah mencari orang lain. Ya... ia selalu menunggumu.

Selayang Pandang Tentang Greenlifestyle

Sejak beberapa tahun silam, beberapa organisasi lingkungan hidup giat menyerukan gerakan bertemakan “green” yakni perilaku untuk melestarikan sumber daya alam di bumi dan menghemat penggunaan energi. Konon umur bumi yang berusia berjuta tahun saat ini sedang mengalami global warming atau pemanasan global yang diantara sebabnya penggunaan energi yang berlebihan dan perusakan lingkungan.


Diantara beberapa gerakan “green” tersebut yang ada di Indonesia berupa komunitas greenlifestyle. Komunitas ini membawa seruan kepada masyarakat Indonesia untuk bergaya hidup ramah lingkungan. Komunitas greenlifestyle semula terbentuk dari orang-orang yang sadar pentingnya kelestarian lingkungan dan membentuk sebuah milis di internet untuk berbagi sharing info lingkungan hidup. Agenda utama dari komunitas tersebut adalah membudayakan gaya hidup yang ramah lingkungan terutama di masyarakat Indonesia. 


Komunitas greenlifestyle tidak hanya mengadakan seminar tetapi juga mengadakan kegiatan yang ramah lingkungan sebagai bentuk aksi nyata untuk masyarakat. Kebiasaan melestarikan lingkungan yang dianggap remeh oleh sebagian masyarakat Indonesia ternyata menjadi program utama dari komunitas greenlifestyle.   


Menurut saya, kegiatan yang diagendakan komunitas greenlifestyle sangat membantu untuk mengurangi permasalahan lingkungan yang kini kerusakan lingkungan di Indonesia kian parah. Dengan kegiatan yang praktis dan sederhana, masyarakat bisa melakukannya tanpa mengeluarkan banyak uang. Bahkan kegiatan tersebut tanpa kita sadari bisa menghasilkan uang dengan cara mendaur ulang sampah yang tidak terpakai. Sebagai contoh dari artikel koran yang pernah saya baca bahwa ada seorang ibu rumah tangga bisa menghidupi keluarganya dengan mendaur ulang bekas bungkus detergen menjadi sebuah tas sekolah atau membuat kertas dari beberapa koran bekas.
Pelestarian lingkungan hidup tidak hanya dengan kegiatan daur ulang saja namun bisa dilakukan dengan penghematan energi dari listrik dan minyak. Minyak bumi yang berasal dari fosil binatang disinyalir menjadi penyumbang polusi terbesar dengan mengeluarkan bahan hasil oksidasi yang sulit diuraikan di atmosfer bumi. Kemudian penggunaan listrik di rumah-rumah yang tidak efektif dan hemat juga menjadi penyebab adanya pemadaman bergilir di sejumlah daerah dan juga menghasilkan energi panas. Oleh karena itu, saya salut kepada komunitas greenlifestyle yang melakukan kegiatan dengan peralatannya dari barang-barang bekas dan menggunakan sepeda untuk mengurangi emisi gas dari kendaraan bermotor.
Namun ada saran dari saya pribadi untuk kegiatan greenlifestyle yang sangat bermanfaat diantaranya: 
1. Setiap kegiatannya perlu dipublikasi di berbagai media cetak. Tidak cukup kegiatan dipublikasikan. 
2. Gerakan gaya hidup ramah lingkungan dalam waktu dekat tidak hanya di sekitar perkotaan saja melainkan mengembang ke pedesaan. Sebab ditengah gencarnya arus urbanisasi, penduduk desa perlu dibekali pengetahuan lingkungan ketika hidup di suatu tempat. Yang terjadi selama ini, penduduk desa yang berpindah ke kota tidak dibekali pengetahuan lingkungan yang cukup sehingga akibatnya para urban akan mengotori lingkungannya misalnya membangun tempat tinggal di pinggiran sungai.
3. Perlunya diadakan sosialisasi gaya hidup ramah lingkungan di beberapa lingkungan sekolah untuk memberikan wawasan kepada siswa sekolah dan menjadi penggerak di lingkungannya.

Saya sadari dari komunitas greenlifestyle yang terbentuk beberapa tahun lalu baru beroperasi di Jabotabek sekitarnya masih belum berdampak besar terhadap keseluruhan daerah di Indonesia. Namun dari kegiatan kecil ini yang dipublikasi milis di internet akan terpantau oleh masyarakat Indonesia untuk segera melakukan kegiatan ramah lingkungan dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Indonesia.







Anda bisa mengakses web  greenlifstyle dengan berkunjung ke http://www.greenlifestyle.or.id/ untuk mendapatkan info lengkapnya.   

ilustrasi gambar didapat dari situs http://www.greenlifestyle.or.id/ 

[PENTING] Poster Peta Rawan Lahar Dingin Merapi

Berikut ini beberapa leaflet peta rawan banjir lahar dingin  dari rekan-rekan  Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM). Leaflet ini diharapkan bisa dicetak dan disebarluaskan kepada masyarakat. Silakan diklik gambarnya untuk mendapatkan ukuran yang besar.  








Konversi Energi untuk Masa Depan Indonesia



Pada tanggal 22 Mei 2010 diselenggarakan mata kuliah Studium General (SG) yang kali ini diisi perwakilan Greenpeace Indonesia dengan mengangkat judul “[r]evolusi Energi”. Pada seminar  tersebut dipaparkan tentang kondisi energi yang terpakai manusia saat ini sudah mencapai tahap kritis karena pemakaiannya yang boros. Bahkan dari kondisi tersebut turut menyumbangkan penyebab merebaknya efek rumah kaca.
Indonesia yang jumlah penduduknya 220 juta jiwa saat ini sedang mengalami krisis energi contohnya energi listrik. PT. PLN yang notabenenya perusahaan negara yang bergerak mengelola energi listrik di Indonesia sudah beberapa tahun lalu mengkampanyekan penghematan energi listrik. Sudah terasa oleh saya yang tinggal di Bandung mengalami pemadaman listrik bergilir di sejumlah tempat. Peristiwa pemadaman listrik disinyalir untuk mengurangi beban penggunaan listrik di sejumlah daerah. Dari pengalaman saya, dampak yang terasa ketika pemadaman listrik diantaranya terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan yang dapat mengganggu ketertiban umum dan berkurangnya produktivitas kerja.
Menurut saya yang saat ini sedang menekuni ilmu teknologi dan informasi, lampu-lampu jalanan yang menyala di malam hari sudah saatnya tidak tergantung dengan pasokan listrik PLN melainkan menggunakan panel cahaya matahari. Diantara produknya yakni Solar LED Roadway Light SLR Series dari Opti Internasional atau Super CaLeCS Toki oleh Nippon Chemi-Con Corp, Stanley Electric Co Ltd dan Tamura Corps. Lampu-lampu yang mengandalkan panel surya tersebut kini sedang diminati pasar dengan peningkatan 30 % di tahun 2010 menurut Computex Weekly News. Hal ini tentu saja menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk menggunakan teknologi panel surya pada lampu-lampu jalan. 

 Gambar bentuk fisik lampu  Solar LED Roadway di siang hari
 

 Gambar pemakaian  lampu Solar LED Roadway di malam hari
 Selain itu, sejumlah ilmuwan sedang giat melakukan upaya-upaya mengonversi sumber energi minyak ke sumber energi yang dapat diperbaharui. Hal ini dilakukan untuk mengurangi emisi gas yang dikeluarkan energi minyak yang masih menjadi prioritas bahan bakar kendaraan. Kita bisa rasakan betapa pengap dan kotornya udara di Jakarta akibat emisi gas yang berlebihan di kota tersebut. 
Nah, salah satu pilihan sumber energi terbaik terutama bagi kita yang mendiami negara Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa adalah penggunaan sinar surya. Sebagai calon engineer, saya melihat peluang di negeri kita yang mendapatkan curah sinar matahari yang berlimpah sudah seharusnya mengambil nikmat ini untuk memberikan manfaat bagi penduduk Indonesia. Pemerintah sebagai otoritas tertinggi di negeri ini perlu menganggarkan belanja negara untuk menyelenggarakan pengadaan pengembangan panel surya sebagai energi alternatif yang proyeknya ditangani peneliti-peneliti dalam negeri. Kabar penggunaan energi nuklir yang sedang dicanangkan pemerintah ternyata masih ada penolakan dari sejumlah kelompok masyarakat. Sejarah kebocoran reaktor Chernobyl tahun 1986 masih "menghantui" masyarakat Indonesia. Oleh karena itu perlu dicermati dari dampak penggunaan reaktor nuklir bagi lingkungan sekitar.  

Bekas puing-puing bangunan reaktor di Chernobyl pasca ledakan.


Kondisi arena bermain sekitar reaktor Chernobyl pasca ledakan yang berubah menjadi tak berpenghuni.

Kondisi salah satu pelabuhan di River Port pasca ledakan reaktor Chernobyl


Dengan memanfaatkan teknologi dan produk ramah lingkungan dari sekarang, kita memiliki peluang untuk menyelamatkan bumi. Masihkah kita tidak peduli lingkungan? Membuang sampah sembarangan? Membiarkan lampu kamar dan AC selalu menyala? Dan membiarkan komputer gaming kita terus-menerus menyala seharian?? 

Info lengkap sejarah reaktor Chernobyl 
http://wahw33d.blogspot.com/2010/06/dampak-fatal-tragedi-nuklir-chernobyl.html

Peranan Pemuda Sebagai Penggerak Industri Kreatif Teknologi Informasi



        Pada saat ini, persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat sebagian calon sarjana yang notabene akan memasuki dunia kerja perlu “kerja keras” untuk membekali diri dengan kemampuan dan kompetensi yang memadai. Apabila mahasiswa dari sejak awal kuliahnya tidak mampu mengatur dirinya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi maka kelak dirinya akan kesusahan untuk terjun ke dunia kerja.

         Pada pertemuan SG ke-3, pembicara mengangkat tema “Teknik Kreatif” yang menurut saya tema tersebut sangat menarik karena untuk bertahan dalam dunia persaingan kerja saat ini tidak hanya membutuhkan transkrip nilai tetapi juga membutuhkan kreatifitas yang diolah sedemikian rupa. Bahkan dengan kreatifitas, seseorang dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru di sekitarnya. 

           Menurut pendapat sebagian orang, kreatifitas diidentikkan dengan bakat alami seseorang. Akan tetapi menurut saya, pendapat tersebut belum tentu benar karena selain bantuan bakat, kreatifitas perlu dilatih dan diwujudkan. Terkadang kreatifitas akan muncul apabila ada ide dan minat dalam diri seseorang terhadap suatu hal. Hal ini tentu termasuk kabar gembira bagi seorang calon sarjana yang masih menempuh kuliah di perguruan tinggi untuk menggali potensi dan bakat dalam dirinya. Seorang mahasiswa yang memahami Tri Dharma Perguruan Tinggi akan menggunakan kreatifitasnya agar berguna bagi dirinya dan masyarakat sekitar. Bisa saja seorang mahasiswa yang tertarik pada riset akan mengembangkan sebuah metode atau produk baru yang unik. Lain halnya seorang mahasiswa yang berminat pada kegiatan wirausaha, dengan kreatifitasnya akan meningkatkan profit dari penjualan produknya. Tidak dipungkiri bagi mahasiswa yang mampu mengekspresikan kreatifitasnya akan lebih produktif dan akan mendapatkan rasa puas tersendiri karena dirinya mendapatkan hasil dari daya ciptanya. 

Dari pengamatan saya dari berbagai info di internet bahwa sebagian pencipta software atau layanan aplikasi di internet berasal dari pemuda yang berusia 19 tahun hingga 30 tahun yang mampu menangkap peluang untuk mengembangkan kreatifitas agar hasil kreatifitasnya dapat digunakan banyak orang di seluruh benua. Berikut ini daftar pemuda-pemuda yang berhasil saya kumpulkan datanya dari internet, diantaranya: 

1. Larry Page dan Sergey Brin.
Siapa yang gak tau dengan situs Google.com?? 
Bagi orang yang hobi browsing internet pasti paham kegunaan dari situs Google. Hehehe... ^_^
Google yang saat ini sebagai situs pencari (Search Engine) paling terkenal dibuat oleh dua orang pemuda berusia 24 tahun pada tahun 1998 dan menjadikan garasi mereka sebagai "kantor pertama" mereka




2. Mark Zuckerberg
Ketika mendengar nama facebook, mungkin kita sudah tidak asing lagi mengenalnya. Bahkan kebanyakan dari kita justru sangat doyan berlama-lama mengakses situs www.facebook.com untuk update status atau chatting dalam dunia maya. Namun tentu kita akan terkejut ketika pembuat situs www.facebook.com ternyata seorang mahasiswa Harvard berusia 19 tahun.  Facebook sebagai situs web jaringan sosial terbesar dengan jutaan pengguna baru yang terus mendaftar dan mengakses setiap saat tidak terkecuali kita saat ini. Tidak bisa dibayangkan lagi berapa server yang perlu disediakan perusahaan Facebook untuk melayani jutaan pengguna setiap saat..Hayo tebak berapa jumlah servernya?? :-D



3. Steve Chen dan Chad Hurley
Masih ingat dengan video lipsync "Keong Racunnya Sinta dan Jojo"??
Nah, mereka cepat terkenal sejak video mereka diupload ke situs www.youtube.com. Bagi kita yang menyukai berbagai layanan video baik video musik, dokumenter atau lainnya pasti akan mengenal situs YouTube yang menjadi situs web berbagi video online. Pencipta situs YouTube adalah Steven Chen saat berusia 27 tahun dan Chad Hurley saat berusia 28 tahun pada 2005. Beberapa tahun kemudian, YouTube kemudian diakuisisi oleh Google senilai $1.65 milyar. 



4. Matt Mullenweg
Pemuda ini ketika berusia 19 tahun menciptakan platform blogging yang kini dipakai blogger. Ia mendirikan pula platform blogging WordPress tahun 2005. Sejak saat itu terjadi revolusi blog yang banyak orang berpindah dari MovableType dan platform lainnya ke WordPress karena WordPress lebih mudah dipakai dan selalu diperbaharui.


Dari keempat pemuda tersebut, kita bisa mendapat banyak pelajaran bahwa mereka berani mewujudkan ide mereka yang awalnya di lingkungan sekitar mereka dianggap mustahil tetapi mereka tetap konsisten mewujudkan idenya dan hasilnya, produk kreatifitas mereka bisa kita rasakan manfaatnya saat ini. Seperti Google yang pada awal pendiriannya berupa search engine saja tetapi kini Google berevolusi layanannya menyediakan translate, peta, email dll. Ide-ide mereka tidak lepas dari kecerdasan, pengalaman, ilham atau saran dan kritik yang selalu mereka kembangkan.

Ada hal yang perlu digarisbawahi adalah semua ide yang menjadi latar belakang kreatifitas seseorang harus segera diwujudkan dan jangan menjadi khayalan semata karena tidak diwujudkan. Sungguh sangat disayangkan menurut saya apabila ide tersebut tidak ditulis dan diwujudkan tetapi hanya “menguap” begitu saja karena tidak ditulis atau menjadi khayalan. Hal ini akan mematikan daya cipta seseorang yang membuatnya tidak produktif. Untuk itulah ide yang kreatif tersebut perlu diwujudkan agar ada peningkatan yang tadinya berupa kreatif menjadi karyatif. Hasil kreatif seseorang yang menjadi hasil karyatif akan memberikan manfaat tidak hanya si pencipta ide dengan menerima sejumlah nominal uang tetapi memberikan manfaat bagi oranglain karena orang lain merasa terbantu dengan adanya produk yang kreatif tersebut. Tidak hanya itu, apabila usaha pengembangan kreatifitas menjadi lebih besar lagi akan berdampak pada pengurangan angka pengangguran karena usaha tersebut bisa membuka lapangan kerja baru yang kini banyak dicari banyak orang. 

Apa jadinya Indonesia, seandainya pemuda Indonesia berani mewujudkan ide kreatifnya menjadi sebuah produk yang memenuhi kebutuhan banyak orang?
Hanya Anda sendiri yang tahu jawabannya.