Jaringan Komputer itu Mudah: Asal Mula Internet


Halooo sobat blogger..
Kali ini saya bahas sejarah asal mula Internet nih..
So, tetep duduk manis di depan komputernya dan kirim komen setelah membaca artikel ini.
Met nyimak..
Internet berasal dari kata internetworking. Secara pengertian Internet merupakan kumpulan luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Ga kebayang kan berapa jumlah komputer yang terhubung ??
Sejarah dibangun Internet bermula dari sebuah kelompok riset kecil di bidang militer dan universitas yang secara fisik terpisah jarak dan waktu yang memerlukan pertukaran data riset secara tepat waktu. Internet sendiri termasuk jaringan komputer yang dibentuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 dengan nama proyek ARPA atau biasa disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Jadi ARPANET dapat dikatakan sebagai jaringan komputer pertama di dunia.
 ARPANET menghubungkan empat institusi yakni Stanford University, University of California Los Angeles (UCLA), University of California Santa Barbara (UCSB) dan University of Utah.



Gambar 1. Peta Universitas yang terlibat dalam pengembangan ARPANET


Pada perkembangan selanjutnya, ARPANET dibagi dua kepentingan yakni MILNET untuk kepentingan militer yang ditangani DoD (Department of Defense/Departemen Pertahanan Amerika Serikat) dan ARPANET untuk kepentingan sipil yang ditangani akademisi di sejumlah universitas. Gabungan MILNET dan ARPANET dikenal dengan sebutan DARPA Internet yang kemudian biasa disebut Internet.

Gambar 2. Arsitektur Internet melalui ARPANET



 Gambar 3. Lambang DoD (Department of Defense)

Tahun 1980, National Science Foundation membangun jaringan khusus yang menghubungkan lima pusat superkomputernya. Jaringan komputer ini (disebut NSFNET) akan menjadi cikal bakal berkembangnya Internet di Amerika Serikat. Jaringan NSFNET berperan sebagai penghubung antara institusi lokal dengan Internet. Para mahasiswa dan karyawan pada institusi tersebut menggunakan Internet untuk bertukar email dan berbagi informasi. Akhirnya setiap tahun, makin banyak Negara bagian di Amerika Serikat yang bergabung dengan Internet untuk saling berbagi informasi.

Gambar 4. Peta  NSFNET di Amerika Serikat

Perkembangan Internet semakin gencar dilakukan pada tahun 1990 yang biasa disebut aplikasi World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners-Lee. Dengan adanya aplikasi WWW pengguna dapat bertukar bermacam-macam aplikasi dan mampu menghubungkan setiap link materi-materi konten yang tersebar di Internet.


 Gambar 5. Sosok Tim Berners-Lee



Gambar 6. Diagram yang dibuat Berners-Lee untuk menggambarkan dari "hypertext".


Sudah jelas sekarang bahwa Internet tidak hanya kumpulan komputer dan kabel melainkan komunitas global dari orang-orang yang saling berbagi beragam informasi. Dengan Internet kita saat ini mampu berbagi pengalaman, ilmu, opini, membangun bisnis usaha dan mengumpulkan banyak teman di jaringan situs social semacam Facebook dan Twitter.  



Referensi : 
4.       Marietta Tretter. 1995. How to Use Internet,  Ziff Davis Press 
5.       Sofana, Iwan. 2010. CISCO CCNA & Jaringan Komputer. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.    

0 komentar:

Posting Komentar