Pentingnya Ketekunan Untuk Mencapai Cita-cita

Menurut Sobat Blogger, tekun itu penting ga sih buat nge-wujudin cita-cita kita??
Ya betul banget jawaban dari Sobat Blogger yang mengatakan ‘tekun’ itu penting banget. So apa ya artinya tekun?? Ini salah satu jawaban menurut saya cocok banget, tekun adalah mengerjakan sebuah pekerjaan atau kegiatan dengan rajin dan sabar tanpa banyak mengeluh walaupun hasil dari pekerjaan tersebut belum terwujud secara sempurna. Contoh ketekunan yang sering kita temui yakni petani yang memelihara tanaman dengan menyirami, memupuk, dan memangkas tanaman walaupun tanaman itu belum menghasilkan apapun.

 
Gambar 1. Sekelompok petani yang sedang bercocok tanam tanaman padi dengan tekun

Hal yang perlu diingat, ketekunan dalam segala hal akan membuahkan hasil yang gemilang (pengalaman hidup saya). Dengan ketekunan, kita akan menikmati proses untuk mencapai hasil yang diinginkan karena dia harus memiliki sikap yang tekun saat beraktivitas.
Alam sekitar pun mengajari kita bagaimana ketekunan membuahkan hasil yang gemilang. Contohnya kita amati kehidupan semut di sekitar kita. Semut sebagai serangga paling kecil dengan jumlah koloni yang banyak memiliki ketekunan tingkat tinggi. Ketekunan seekor  semut bisa dilihat saat harus mengangkat potongan makanan yang ukurannya jauh lebih besar dibanding ukuran tubuhnya sendiri. Selain memanggil teman-temannya sesama semut, mereka pun tekun memilah-milah, memotong makanan sampai terbentuk serpihan-serpihan kecil yang memungkinkan untuk dibawa ke dalam sarangnya.
Gambar 2. Semut yang memanggil temannya untuk memotong daun yang diangkatnya

Gambar 3. Gerombolan semut yang mengantarkan daun yang ukurannya lebih besar dari tubuh si semut ke sarangnya

Subhanallah, Allah subhanallahu wa ta’ala memberikan pelajaran bagi manusia dari seekor semut yang kecil tentang peranan ketekunan. Tinggal kitanya sebagai manusia yang menerapkan ketekunan dalam kehidupan sehari-hari.
Smoga bermanfaat..
    

0 komentar:

Posting Komentar