Yuk Selesaikan Soal UTS Artificial Intelligence IT Telkom tahun 2010


Sobat Blogger, kali ini saya upload soal UTS Kecerdasan Mesin dan Artifisial atau dalam bahasa kerennya Artificial Intelligence yang saya ambil pada semester 6 di kampus IT Telkom.  Saran saya untuk mengerjakan soal ini, sobat blogger perlu menelaah buku Artificial Intelligence dengan penulis pak Suyanto, ST. Msc yang diterbitkan penerbit Informatika BandungDi bawah ini lho tampilan cover bukunya..


Ayo siapa yang bisa selesaikan soal-soal di bawah ini.
1.      Gambar di bawah ini adalah suatu peta dengan 7 persimpangan jalan (node). Setiap busur menyatakan panjang jalan sesungguhnya antara dua node. Misal, busur S-A adalah jalan sebenarnya dengan panjang 9 km. Tabel di bawah menunjukkan nilai heuristik yang berupa jarak garis lurus dari node n menuju node G. Misal, jarak garis lurus dari node A menuju node G adalah 35 km. Dengan menggunakan f(n) = h(n), jelaskan secara detail (disertai alasan mengapa hasilnya begitu) proses penelusuran untuk mencari rute terpendek dari S ke G dan total jaraknya menggunakan metode:
a.       Steepest Ascent Hill Climbing [30 points]
b.      Greedy Best First Search [40 points]





Jarak garis lurus menuju ke G (dalam Km)
n
S
A
B
C
D
E
F
G
h(n)
40
35
28
36
18
33
37
0

2.      Gambar di bawah ini adalah suatu peta jalan raya dengan 8 persimpangan jalan (node) yang memiliki koordinat X dan Y. Sebagai contoh, node T adalah persimpangan jalan yang berada di koordinat (1, 6). Setiap busur memiliki dua buah nilai, yaitu: panjang jalan sesungguhnya (dalam km) dan kecepatan mobil maksimal pada jalan tersebut (dalam km/jam). Misal, busur J-M merepresentasikan jalan tol dengan panjang 14 km dan kecepatan mobil maksimal pada jalan tersebut adalah 150 km/jam. Sedangkan busur P-Z menyatakan jalan dengan panjang 5 km dengan kondisi yang sempit dan berlubang-lubang sehingga kecepatan maksimal mobil pada jalan ini hanya 10 km/jam. Si Hepi ingin menemukan rute tercepat dari T ke Z dengan mengendarai mobil berkecepatan maksimum 90 km/jam. Pada jalan raya yang memungkinkan mobil berjlan dengan kecepatan tinggi, si Hepi selalu memacu mobilnya pada kecepatan maksimumnya. Jelaskan secara lengkap dan detail proses penelusuran menggunakan algoritma A* untuk menemukan rute tercepat yang diinginkan Hepi dan hitunglah waktu tempuhnya. [30 points]
Catatan:
·         Gunakan rumus penghitungan jarak garus lurus, kemudian ubahlah satuan jarak menjadi satuan waktu untuk menghasilkan nilai-nilai heuristik (estimasi).
·         Anda bisa menggunakan gambar dan/atau kalimat untuk menjelaskan proses penelusuran tersebut. Untuk mempercepat penulisan solusi, anda bisa menggunakan kembali gambar visio di bawah ini. Caranya dengan double click pada gambar tersebut dan copy-paste ke visio.



--- Think more, do less ---

 Met mengerjakan ya sobat. 
Klik ini untuk mendonload soal UTS AI 2010
 Klik ini untuk mendonlod jawaban UTS AI versi saya, hehe..
hayo sama ga?
So, nantikan ya edisi jawaban dan soal UAS AI nya..

5 komentar:

jawabnya maa kak kok ga' bisa di dwonload??

 

pak link ziddu udh gak ad ...
bisa di pindah gak link nya...
trims ...

 

tolong pak sya butuh buat refrensi ,
kalau bisa di email kan ke saya jawabnnya....

 

pak link x bisa di pindah gak..
saya butuh banget..
trims
hehehe

 

Posting Komentar