Lebih dekat dengan Information Technology Infrastructure Library (ITIL)



Definisi ITIL
Information Technology Infrastructure Library (ITIL, bacanya ai ti ai el) adalah framework yang dibuat dan dikembangkan Office of Government Commerce (OGC) di Inggris yang berisi kumpulan dari best practice pengelolaan layanan teknologi informasi pada service management.

Level ITIL
Ketika suatu organisasi menggunakan model ITIL, organisasi tersebut akan diikutsertakan suatu training yang diselenggarakan APM Group (panitia akreditasi). Setelah mengikuti training, organisasi peserta akan diuji dengan memperagakan sikap profesionalitas yang ada di model ITIL yang kemudian hasilnya akan dikeluarkan akreditasi yang menentukan posisi level kematangan suatu organisasi. Level-level yang dimiliki ITIL yakni
  • Level 1 Initial. Organisasi yang menempati level ini tidak memiliki kegiatan yang teratur dan pengerjaan proyek tidak melalui prosedur.
  • Level 2 Repeatable. Organisasi yang menempati level ini telah memperhatikan prosedur proses tetapi tidak konsisten.
  • Level 3 Defined. Organisasi yang berada di level ini telah menerapkan proses secara konsisten, target kualitas telah ditetapkan dan hasil pun dapat diukur secara rinci.
  • Level 4 Managed. Organisasi yang berada di level ini menitikberatkan pada peluang bisnis dan memiliki proses yang dikendalikan dengan baik sehingga didapat metriks pada kualitas dan hasil kerjanya.
  • Level 5 Optimized. Organisasi yang berada di level ini memiliki proses yang, melakukan inovasi berkelanjutan dan adanya integrasi TI ke dalam bisnis dan manajemen.
Lebih lengkap tulisan tentang ITIL silakan klik DOWNLOAD

0 komentar:

Posting Komentar