Perkembangan Terkini Computer Vision

Computer Vision*

I.     Latar Belakang
Berkembang pesatnya inovasi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akhir-akhir ini memunculkan berbagai cabang ilmu komputer diantaranya Computer Vision. Computer vision merupakan perkembangan dari ilmu grafika citra yang membuat keputusan bermanfaat tentang objek fisik nyata berdasarkan apa yang ditangkap citra. Intinya, Computer Vision mencoba meniru cara kerja penglihatan manusia yang menangkap beberapa informasi diantaranya geometri, pengukuran dan interpretasi suatu objek.

Gambar 1. Pengenalan Objek Wajah (Mata, Hidung, Mulut)

Gambar 2. Pengenalan Objek Wajah dengan beberapa Ukuran Parameter


IT Telkom sebagai perguruan tinggi berbasis TIK menjadikan Computer Vision sebagai mata kuliah di Fakultas Informatika yang berada di Kelompok Keahlian Intelligence, Computing dan Multimedia (KK ICM). Mata kuliah Computer Vision sebagai mata kuliah pilihan yang bisa dijadikan topik penelitian TA/PA mahasiswa. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil Computer Vision, terlebih dahulu mahasiswa tersebut harus mengikuti mata kuliah grafika citra dan pengolahan citra lanjut sebagai mata kuliah prasyarat.

II.   Problem
Di beberapa negara eropa, kajian Computer Vision telah berkembang pesat di dunia industri dan militer. Banyak peralatan canggih yang dihasilkan dari kajian Computer Vision seperti pengenalan wajah orang, pengenalan barang-barang di bandar udara, dll. Namun amat disayangkan, hasil kajian Computer Vision tadi telah dipatenkan dan tidak bisa dipublikasikan secara umum.
Hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi para peneliti dan mahasiswa di Indonesia yang akan melakukan kajian terhadap Computer Vision. Seakan-akan ada jurang pemisah di penelitian Computer Vision antara dunia industri dan dunia akademis. Oleh karena itu, para peneliti berinisiatif untuk mengumpulkan beberapa paper yang mendukung dengan perancangan model alat-alat industri di bidang Computer Vision. Tentu saja usaha ini dibutuhkan kemauan yang kuat dan kerja keras untuk mewujudkan hasil penelitian Computer Vision yang hampir menyerupai di dunia industri.
 
III.     Manfaat
Sekian banyak hasil kajian Computer Vision yang ada selama ini telah mendatangkan banyak manfaat untuk kemaslahatan umat manusia. Diantara manfaat tersebut yaitu:
a.       Bidang riset: motion and video analysis, medical image analysis, 3D visual communication, visual tracking, Computer Vision for the Blind (Indoor Navigation Through Trajectory Tracking).
Gambar 3. Rekonstruksi bangunan dengan teknologi 3D
b.      Bidang militer: penguncian objek musuh pada pesawat jet dan teknologi radar pada rudal, pengenalan kondisi tentara musuh.

Gambar 4. Peralatan canggih Computer Vision yang digunakan di militer

c.       Bidang industri: identify classify and analyze images in video and photos, software programming services for image recognition feature.

 Gambar 5. Deteksi senyum (Smile detection) yang telah digunakan di ponsel Samsung S5620

IV.    Kesimpulan
Pada Computer Vision dipelajari pengenalan fisik objek secara mendetail dengan mengombinasikan antara pengenalan citra dan pola sehingga didapat pencitraan fisik objek yang mewakili kondisi nyata. 



*Topik ini dibahas pada perkuliahan kapita selekta dengan pembicara Bedy Purnama, S.Si, M.T

1 komentar:

permisi pak, saya ada sedikit tulisan tentang opencv di java menggunakan websocket, http://datacomlink.blogspot.com/2015/07/persiapan-java-opencv-300-dengan.html silahkan jika berkenan mengoperkanya juga, semoga menambah wawasan bersama

 

Posting Komentar