Sharing Tentang Infobase

Sobat Blogger, udah lama kita tak bersua..
Kali ini tema tulisan saya tentang Infobase yang biasa dipakai oleh dunia perbankan. 
Yuk kita baca barengan.. 
Infobase adalah suatu system yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Adapun perangkat keras berupa tiga buah server masing-masing berfungsi sebagai web server, satu buah database server dan satu buah backup server sebagai web server sekaligus database server. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan berupa web aplikasi dan database aplikasi.  

Umumnya dua buah server utama ditempatkan di main site dan satu buah backup berada di DRC site. Seluruh server tersebut setiap hari akan dilakukan sinkronisasi data untuk menjaga sumber data apabila terjadi permasalahan koneksi atau gangguan pada server utama. Selain itu, perangkat lunak yang berupa web aplikasi dan database aplikasi akan dilakukan backup cross antara main site dengan DRC site setiap harinya.

Sesuai ketentuan ISO 9001:2008, bahwa maintenance/housekeeping harus dilakukan juga setiap satu bulan sekali atau pada saat terjadi majeur di system. Ada beberapa cara yang harus dilakukan saat maintenance antara lain shrinking database dan restart server.

Database yang telah berumur lebih dari 1 tahun atau baru beberapa bulan dengan frekuensi alur data yang tinggi, kemungkinan sering timbul gangguan pada database. Gangguan tersebut tidak hanya corrupt atau tidak dapat diakses, tetapi bisa jadi ada data yang kita operasikan SELECT menjadi tidak benar hasilnya dan proses menjadi lamabat serta ukuran file database membesar. Salah satu solusinya yaitu bisa dilakukan shrink database. Setelah shrink database dilakukan, maka query menghasilkan output yang benar, proses tidak lambat dan ukuran file berkurang.

Solusi lainnya yaitu secara berkala perlu dilakukan monitoring harian berdasarkan checklist yang telah disusun untuk pengecekan update anti virus, storage capacity dan sinkronisasi data info.

0 komentar:

Posting Komentar