Penyebab buruknya pengaturan waktu dan solusinya


Sobat Blogger pernah ngerasa ga, kalo diantara kita merasa ga bisa nyelesaikan semua tugas dengan efektif dan benar?? Padahal setiap dari kita sudah mendapat jatah waktu 24 jam untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.
 Banyak pepatah tentang waktu yang telah kita dengar, seperti Time is Money, dari Inggris dan Waktu adalah Pedang, dari Arab. Faktanya di sekitar kita, ada orang dengan waktu 24 jam mampu meningkatkan potensinya sehingga lebih produktif menghasilkan karya dan manfaat. Namun tak sedikit di sekitar kita, diberi waktu 24 jam tidak mampu menggunakannya dengan benar untuk mendatangkan manfaat. Wah gawat dong kalo gitu mah..

Coba bayangin kalo waktu adalah uang, udah berapa banyak uang yang kita terima karena manfaatkan waktu sebaik mungkin..?



Coba bayangin kalo waktu adalah pedang udah berapa banyak luka di tubuh kita karena melalaikan waktu..? 



Nah ini dia, tips-tips yang saya rangkum dari beberapa referensi tentang pengaturan waktu.
  
Yuk, kita kenalan dulu dengan penyebab buruknya pengaturan waktu, diantaranya yaitu
1. Kebiasaan menunda-nunda sesuatu yang sering terjadi. Jika seseorang jalani hidup berdasarkan keyakinan yang keliru bahwa sobat bakal punya waktu untuk melakukannya nanti dan sobat ga akan pernah mengerjakannya.

2. Bersikap tidak realistis terhadap berapa banyak tugas yang bisa sobat selesaikan sehingga sobat selalu lebih banyak merencanakan dibandingkan dengan kapasitas yang sobat miliki.

3. Penumpuk tugas. Di saat tugas sekolahan atau kuliahan diberikan, kita biasanya mengakhirkan pengerjaan tugasnya hingga di waktu yang ‘mepet’. Nah itu kemudian jadi boomerang bagi kita karena tanpa kita sadari tugas yang lain akan menumpuk. Indikasinya sebelum berhasil menyelesaikan sebuah tugas, sobat sudah nyatakan kesediaan untuk bersedia melakukan tugas lain. Hal ini terjadi berulang-ulang hingga kelebihan beban dan akhirnya ga bisa kerjakan semua tugas dengan efektif. Kemudian bisa timbul stress seperi ilustrasi gambar di bawah ini.


4. Mengerjakan tugas secara lompat-lompat. Biasanya disebabkan kurangnya konsentrasi, gak mampu mengatur prioritas tugas atau tenggat waktu yang mepet. Hasilnya sobat gak bisa kerjakan semua tugas dengan memuaskan.



Berikut adalah tips-tips mengatur waktu yang saya kutip dari bukunya Rainer Martens yang berjudul Successful Coaching, diantaranya:
1.Rencanakan waktumu secara berkala.


2.Tentukan target terdekatmu dengan jelas dan tulis rencana mingguan. Periksa kembali rencana tersebut setidaknya sekali dalam sehari dan tandai tugas-tugas yang telah kamu selesaikan.

3. Buat target yang realistis. Ingat, target boleh tinggi, tapi harus mungkin untuk dicapai.

4. Bersikap realistis mengenai banyak tugas yang kamu ambil dan berapa banyak waktu yang kamu alokasikan untuk setiap tugasnya.

5. Buat skala prioritas di setiap tugas dan perkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas. Selalu pusatkan perhatianmu pada tugas yang harus diselesaikan.

6.Jangan ambil tugas lebih banyak kecuali kamu yakin masih punya waktu setelah menyelesaikan sebuah tugas yang harus diselesaikan.

7. Kembangkan dan tingkatkan kemampuan berkonsentrasi, agar bisa selesaikan tugas dalam waktu yang dialokasikan, tentunya kamu harus berkonsentrasi.

8. Hilangkan sebanyak mungkin pengalih perhatian saat kamu kerjakan tugas. Fokuskan pikiran pada satu tugas dalam satu waktu.

9. Tulis pikiran-pikiran penting atau catatan-catatan yang berkaitan dengan tugasmu. Jangan hanya mengandalkan daya ingatmu karena bisa saja kamu lupa beberapa jam kemudian.

10. Buat dan patuhi deadline waktu yang kamu buat.

11. Bagi tugas dengan orang lain jika memungkinkan. Bertahanlah pada pekerjaan yang benar-benar harus kamu lakukan. Kalau kamu jadi anggota kepanitiaan/organisasi, jangan merasa berkewajiban untuk melakukan tugas orang lain hingga tugasmu terselesaikan.

12. Berusaha tegas kepada orang lain untuk tidak membuang waktumu pada kegiatan yang tidak kamu rencanakan. Belajarlah untuk menghentikan acara ‘ngobrol’ atau ‘ngumpul-ngumpul’, bila hal itu membuatmu merasa gak bisa menyelesaikan sesuatu.

13.  Berusaha santai sedikit, lalu mulai lagi kalau kamu kewalahan di suatu saat. Tinjau lagi target dan rencanamu serta mulailah membuat prioritas kerja.

14. Luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Buatlah kerangka kerja yang sehat. Ini akan membantumu terhindar dari stress dan aturlah waktu dengan baik.



Setelah kita tahu penyebab buruknya pengaturan waktu dan tips-tips pengaturan waktu, tentunya kita terapkan nih agar waktu 24 jam mampu mengoptimalkan potensi diri kita untuk mendatangkan banyak manfaat.  Smoga bermanfaat

1 komentar:

Posting Komentar