Jaringan Komputer itu Mudah: Perkenalan tentang Jaringan


Haii sobat blogger…
Kali ini saya akan membahas perkenalan Jaringan Komputer. Nantinya saya akan melakukan sesi pembahasan yang lebih mendalam tentang Internet. Pasti sobat semua sudah tahu penggunaan internet, nah tentu saja sobat mesti tahu mekanisme cara kerja Internet tuh seperti apa.. Karena itu, saya akan membagi informasi kepada sobat tentang semua hal Internet dengan bahasa yang mudah dipahami. Semoga bermanfaat..

Hal-hal yang perlu diketahui tentang jaringan komputer:
1.       Jaringan memungkinkan pemakai untuk memakai perangkat elektronik secara bersamaan. Misalnya, jika masing-masing komputer di kantor memiliki printer laser sendiri, tentu biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Bagi  pihak manajemen kantor tentu saja hal ini perlu dikritisi. Akan lebih bijak lagi apabila perangkat seperti printer tadi digunakan scara bersamaan menggunakan jaringan. Maka dari itu, setiap komputer yang berada dalam jaringan memiliki kabel yang tersambung dengan printer laser. Dalam hal ini, kabel, komputer dan printer laser akan membentuk suatu jaringan sederhana yang masing-masing komputer memiliki akses ke printer secara bersama.





2.       Pada sebuah jaringan lokal atau biasa disebut LAN (Lokal Area Network), setiap orang yang mengakses satu komputer bisa mengirim pesan ke satu atau lebih pengguna komputer lainnya dalam komputer yang sama. Selain itu, pengguna dapat juga menggunakan jaringan untuk memindakan file dari satu komputer ke komputer lainnya.  Artinya LAN bisa digunakan ketika jaringan tersebut berada dalam satu lokasi fisik baik satu gedung, satu lantai atau satu ruangan yang sama.



3.       Pada implementasi kesehariannya, jaringan lokal di suatu kantor yang besar memilik jumlah jaringan lokal lebih dari satu. Setiap jaringan lokal yang tersedia di kantor tersebut akan disambungkan dengan kabel sehingga komputer yang berada pada suatu jaringan lokal dapat bertukar informasi dengan komputer yang berada pada jaringan lainnya.




4.       Pada suatu perusahaan besar yang sudah berlevel nasional tentunya akan membuka cabang kantor di beberapa kota di setiap daerah. Masing-masing kantor biasanya juga memiliki beberapa jaringan lokal (LAN). Nah, untuk menghubungkan jaringan-jaringan lokal yang terpisah tersebut digunakan jaringan telepon berkecapatan tinggi maka terbentuklah jaringan luas yang biasa disebut WAN (Wide Area Network). Misalkan, kantor cabang di California mengakses informasi yang ada di Missouri dan Texas. Btw, sobat blogger  pernah berkunjung ketiga kota tersebut?? hehe...




5.       Bagi perusahaan yang berlevel internasional yang memiliki cabang-cabang kantor di beberapa Negara dapat membentuk jaringan diantara kantor-kantornya. Selain menggunakan saluran telpon, alternative lainnya menggunakan satelit yang memudahkan pada perusahaan tersebut untuk membentuk jaringan luas global (Global Wide Area Network). Misalkan kantor-kantor di Jakarta dan Tokyo dapat berbagi informasi seakan pengguna komputer di Jakarta berada di ruang yang sama dengan komputer-komputer di Jepang.




6.       Nah untuk Internet, dia sangat luas dibandingkan jaringan LAN atau WAN. Internet merupakan kumpulan dari jaringan global yang saling tersambung. Internet bias diakses oleh setiap orang yang memiliki komputer pribadi (desktop atau jenis laptop) dengan sebuah modem. Bahkan saat ini, Internet bisa diakses melalui perangkat mobile kita atau handphone kita tanpa perlu pusing-pusing lagi terhubung dengan kabel..^_^


Pada artikel Jaringan Komputer (JARKOM) selanjutnya akan dibahas asal mula internet 
don't miss it..
NB: Semua ilustrasi gambar didapat dari "om" google.. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar